Brekecek Jadi Salah Satu Icon Di Cilacap Kota Cahaya

Scriptux.com – Salah satu makanan khas yang berasal dari satu kota yang berada di ujung provinsi Jawa Tengah yakni Cilacap. Kota Cilacap sangat terkenal dengan hasil lautnya yang sangat melimpah. Di kota Cilacap begitu terkenal dengan makanan khas seafood nya.

Salah satu makanan khas dari Cilacap yakni Brekecek. Brekecek adalah masakan tradisional berbahan dasar kepala ikan yang khas dari Cilacap, Jawa tengah. Makanan ini sangat unik dan memiliki cita rasa yang khas, sehingga di gemari oleh masyarakat Cilacap dan para wisatawan yang datang kesana. Brekecek ini juga merupakan salah satu icon kuliner dari Cilacap yang sangat terkenal.

Selain rasanya yang khas, nama makanan satu ini juga sangat unik sehingga membuat orang yang tidak tahu menjadi penasaran dan ingin mencicipinya. Nama Brekecek sendiri diambil dari kata “Brek” yang artinya “dijatuhkan/ diletakan” dan “kecek” yang berarti “dikecek/ dicampur”.

BREKECEK di Cilacap identik dengan kepala ikan Jahan, atau dalam bahasa Banyumasan dikenal dengan nama PATHAK JAHAN, seninya menikmati brekecek adalah dengan menyeruput pathak atau kepala ikan tersebut.

Kepala ikan Jahan tersebut dicampur atau dikecek dengan bumbu khas, dan cita rasa brekecek ini hampir menyerupai rasa rica-rica, namun tentunya berbeda karena memiliki sesuatu yang berbeda didalamnya.

Brekecek ini memiliki cita rasa yang khas, rasa gurih, manis dan pedas pada kuah yang meresap kedalam daging memberikan kelezatan tersendiri pada masakan ini. Selain itu aroma rempah yang sangat terasa pada kuahnya, menambah kenikmata pada Brekecek ini. Brekecek sangat nikmat disajikan selagi hangat bersama dengan nasi. Karena menggunakan kepala ikan sebagai bahan dasarnya, banyak orang yang suka menyeruput kepala ikan ini. Dari situlah sensasi dalam menikmati makanan ini.

Brekecek ini mudah kita temukan di daerah Cilacap, Jawa tengah. Disana banyak warung makan yang menyajikan makanan tradisional satu ini. Selain itu dalam perkembangannya, Brekecek ini juga banyak disajikan di hotel atau restoran di daerah Cilacap sebagai pengenalan dan pelestarian makanan tradisional ini. Nah, bagi anda yang berkunjung ke Cilacap, Jawa tengah. kurang lengkap rasanya bila belum menikmati makanan tradisional satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *