Serabi Notosuman Khas Kota Jokowi

Scriptux.com – Berkunjung ke Kota Solo tak lengkap rasanya jika tidak mencoba serabi notosuman. Para pelancong pun juga banyak yang menggemari kuliner asli khas Solo tersebut.

Sebagai penggemar serabi, apalagi kalo kamu orang Sunda, rasanya wajib mampir ke daerah Notosuman di Solo. Di sini ada dua pabrik pembuat serabi yang terkenal, Serabi Notosuman Ny. Lidia dan Srabi Notosuman Ny. Handayani.

Saking terkenalnya nama Notosuman sebagai daerah pembuat serabi di Solo, kedua pabrik ini bahkan menyematkannya dalam nama produknya. Konon, Serabi Notosuman udah menyapa warga Solo dan sekitarnya sejak tahun 1920-an dan menjadi kuliner khas yang legendaris di sini.

Serabi Notosuman hanya menyediakan dua pilihan rasa sebagai ciri khasnya: original dan cokelat. Ini sedikit berbeda dengan kebanyakan penjual serabi di Solo yang menambahkan aneka rasa seperti pisang, nangka, keju, coklat, dan sebagainya. Meski pembuatannya sudah semi modern dengan menggunakan kompor gas, kelezatan kue serabinya tidak berkurang.

Serabi orisinal menawarkan rasa manis dan gurih yang kuat dari santan, sementara untuk rasa cokelatnya berasal dari meses cokelat yang ditaburkan di atas serabi. Teksturnya cukup padat, namun terasa begitu lembut ketika masuk mulut. Serabi Notosuman hanya bisa dinikmati selama 24 jam karena tidak memakai bahan tambahan/pengawet.

Ciri lain dari Serabi Notosuman adalah cara membungkusnya. Sebelum dimasukkan dalam kardus kemasan, biasanya serabi digulung terlebih dulu dan dibalut dengan daun pisang. Dengan begitu serabi dalam kemasan tidak akan saling menempel satu sama lain. Daun pisang itu pun memudahkan menyantap serabi tanpa harus meninggalkan rasa lengket di tangan.

Serabi Notosuman sudah buka sejak pagi mulai pukul 07.00 WIB. Jangan datang terlalu siang, karena Serabi Notosuman ini sudah diserbu pecinta kuliner sejak pagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *