Tipat Blayag Makanan Ciri Khas Singaraja Bali

Scriptux.com – Pada saat berkunjung ke Pulau Bali, kalian wajib banget mencoba kuliner khas dari Bali yang satu ini, tipat blayag. Makanan tradisional warisan leluhur ini terdiri dari ketupat atau tipat, kacang kedelai, sayuran, kelapa parut, ayam suwir, ceker ayam goreng, kerupuk kulit ayam, dan sambal terasi.

Tipat blayag mudah ditemukan di Bali Utara yakni Kabupaten Buleleng. Makanan ini juga merupakan menu unggulan dalam acara acara besar yang digelar di Buleleng. Rasa blayag bisa berbeda tergantung dari racikan bumbunya. Namun, persamaannya adalah rasa kuah ayam nyat-nyat dengan bumbu Bali atau disebut base genep yang kaya akan rempah-rempah.

Resep masakan yang satu ini diciptakan oleh pendahulu di Desa Pengelatan, Kecamatan Buleleng. Untuk menjangkau desa ini, bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar delapan kilometer dari arah kota Singaraja.

Di desa ini, resep Tipat Blayag yang kini terkenal di seluruh Buleleng dan bahkan ke luar daerah itu tetap dijaga kelestariannya. Ibu-ibu rumah tangga pun menjadikan resep Tipat Blayag yang tidak ada di daerah lainnya itu sebagai usaha untuk menopang ekonomi keluarga. Bahkan, Tipat Blayag kini mulai dilirik untuk hidangan di ajang pesta resepsi perkawinan maupun pada event yang digelar instansi pemerintah maupun swasta.

Semua rempah-rempah yang digunakan untuk bumbu tipat blayag dibakar terlebih dahulu di atas bara api. Setelah itu, bahan-bahan untuk bumbu tersebut baru diulek dan dicampurkan dengan tepung beras sampai menjadi bumbu kental beraroma rempah.

Selain blayag dengan ketupat dari beras putih biasa, ada juga yang menggunakan tipat beras hitam. Tipat beras hitam dinilai lebih bergizi karena mengandung antioksidan, vitamin E, dan kadar gula lebih sedikit dibandingkan beras putih.

Blayag Kuah umumnya dijual dengan gaya warung atau kaki lima. Untuk Anda yang sedang berada di Denpasar dan sekitarnya, salah satu penjual Blayag Kuah yang cukup terkenal adalah Warung Bu Agus. Warung Bu Agus berlokasi di Jalan Tukad Yeh Aya No.31x, Renon – Denpasar. Nah untuk satu porsi Blayag Kuah hanya dihargai Rp.7000 saja. Jika ingin mencicipi kuliner tradisional ini, Warung Bu Agus buka mulai jam 4 sore sampai dengan jam 2 pagi. Selamat berburu kuliner di Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *