Pantiaw Khas Bangka Belitung

Scriptux.com – Salah satu makanan khas dari Bangka Belitung yakni ada yang bernama Pantiaw. Pantiaw merupakan makanan khas yang dibuat berdasarkan cara memasak masyarakat Bangka dan Belitung. Selain itu juga merupakan masakan Bangka Belitung yang dapat dikhususkan menjadi masakan Bangka dari Pulau Bangka dan masakan Belitung dari Pulau Belitung.

Pantiaw sendiri memiliki cita rasa gurih, pedas dan juga manis. Makanan ini termasuk dalam makanan yang berkuah yang terdiri dari suwiran daging ikan. Sedangkan untuk kuahnya sendiri terbuat dari bermacam jenis bumbu khusus yang nantinya akan menghasilkan rasa yang begitu familiar jika sudah menyentuh di lidah para penikmatnya.

Pantiaw adalah penganan ringan berkarbohidrat tinggi karena dibuat dari bahan tepung beras. Seringkali menjadi sarapan masyarakat sekitar atau sekedar untuk mengganjal perut.

Rasa yang sangat khas ini sangat menggugah selera kita untuk ingin terus dan terus menyantapnya. Biasanya makanan ini dijual dari subuh hingga siang hari. Harganya pun lumayan murah per porsinya kurang lebih Rp. 1.000,- pas untuk ukuran kantong.

Pantiaw ada dua jenis, yaitu Pantiaw Gandum dan Pantiaw Beras. Pantiaw Gandum bentuknya hampir sama dengan mie biasa namun cara penyajian dan pembuatannya saja yang sedikit berbeda.

Sedangkan Pantiaw Beras terbuat dari tepung beras dan pembuatannya pun cukup rumit, karena masih secara manual. Pantiaw Beras ini kalau di Pulau Jawa namanya kwetiaw. Bentuknya pun mirip sekali, namun sekali lagi cara penyajiannya yang berbeda.

Penyajian Pantiaw satu porsinya ditambahkan bumbu diatasnya. Bumbunya berupa ikan yang telah diolah sedemikian rupa sehingga menyedapkan Pantiaw ini. Setelah itu ditaburkan dengan bawang goreng untuk menambah rasa lezatnya. Tinggal seduh dengan air panas atau menggunakan kuah bakwan kita sudah bisa menikmati Pantiaw ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *