Kuliner Ayam Taliwang Khas Lombok NTB

Scriptux.com – Untuk pecinta kuliner, kuliner khas Lombok yang satu ini tentunya sudah tak asing lagi terdengar di telinga yaitu Ayam Taliwang. Ayam Taliwang cukup terkenal dengan rasanya yang gurih dan pedasnya yang menggigit.

Dijamin bikin melek mata ketika mencicipi ayam bakar dengan paduan 2 jenis sambalnya yang khas. Uniknya lagi, ayam yang digunakan untuk membuat kuliner ini adalah jenis ayam kampung yang dimana usianya masih sekitar 3 bulanan, karena memiliki tekstur yang empuk dan tidak berlemak.

Selain itu, cara penyajiannya pun cukup unik yaitu dimana ayam yang sudah dibelah membujur menjadi dua bagian, kemudian bagian sayapnya dilipat ke bagian belakang dengan lipatan khas yang unik. Tak hanya dibakar, menu Ayam Taliwang juga bisa disajikan dalam bentuk digoreng.

Perkembangan tradisi kuliner ayam taliwang di Lombok, erat kaitannya dengan keberadaan masyarakat Karang Taliwang di Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Masyarakat Karang Taliwang merupakan yang pertama kali memperkenalkan kuliner ayam taliwang. Mereka mengolah ayam menjadi makanan khas yang kemudian disebut sebagai ayam taliwang.

Kemunculan ayam taliwang sendiri pertama kali pada saat terjadi perang antara Kerajaan Selaparang dan Kerajaan Karangasem Bali. Pada masa itu pasukan Kerajaan Taliwang didatangkan ke Lombok untuk membantu Kerajaan Selaparang yang mendapat serangan dari kerajaan Karangasem Bali.

Orang-orang Taliwang yang bertugas sebagai pendamai tersebut ditempatkan di suatu wilayah yang diberi nama Karang Taliwang sesuai dengan tempat mereka. Tugas orang-orang Taliwang ini adalah melakukan pendekatan dengan Raja Karangasem agar pertempuran yang menelan banyak kerugian nyawa dan harta benda tidak berlanjut. Dalam misi perdamaian itu ikut serta para pemuka Agama Islam, juru kuda dan juru masak.

Saat ini, kuliner ayam taliwang telah dikenal luas sebagai makanan khas Lombok dan pemasarannya telah tersebar di seluruh Nusantara khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali. Oleh sebab itu, ketenaran kuliner ayam taliwang sebagai salah satu produk budaya masyarakat Sasak perlu diinventarisasi, diproteksi, dan dilestarikan agar tidak musnah tergerus zaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *