Ayam Tangkap Khas Aceh

Scriptux.com – Ayam Tangkap merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di daerah Aceh. Makanan satu ini terbuat dari bahan dasar daging ayam, yang dimasak serta digoreng dengan bumbu khusus dan disajikan bersama dengan daun-daunan yang renyah.

Jika dilihat dari segi penampilan Ayam Tangkap ini cukup unik dan berbeda dengan sajian ayam goreng lainnya. Namun berbeda lagi jika dilihat dari segi rasa, Ayam Tangkap juga memiliki cita rasa yang khas, sehingga menjadi salah satu makanan favorit bagi masyarakat Aceh maupun para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Ayam tangkap ini masih belum diketahui secara pastinya bagai mana bisa tercipta. Namun menurut beberapa sumber, Ayam Tangkap ini merupakan jenis makanan yang sudah ada sejak dahulu. Konon nama Ayam Tangkap ini diambil dari kebiasaan masyarakat Aceh saat memasak daging ayam. Sebelum memasaknya, mereka harus menangkap ayam tersebut terlebih dahulu di pekarangan mereka. Sehingga banyak yang menyebutnya Ayam Tangkap.

Ayam Tangkap ini terbuat dari bahan dasar seperti, ayam potong, daun temurui, daun pandan dan cabe hijau. Untuk cabe hijau ini biasanya menggunakan cabe panjang yang nantinya akan disajikan bersama dengan daun temurui dan daun pandan. Sedangkan untuk aneka bumbu yang biasanya digunakan di antaranya seperti, bawang putih, bawang merah, cabe rawit, kunyit, jahe, dan air asam jawa.

Dalam proses pembuatan Ayam Tangkap ini, pertama daging ayam dipotong sesuai dengan keinginan dan dibersihkan. Setelah bersih, daging kemudian direndam bersama bumbu hingga meresap lalu daging ayam digoreng hingga matang. Setelah hampir matang, kemudian daun temurui, cabe hijau dan daun pandan digoreng bersama dengan daging ayam tadi. Setelah semuanya matang, lalu tiriskan. Ayam Tangkap biasanya disajikan langsung bersama dengan daun-daunan yang sudah digoreng tersebut. Untuk menambah aroma, biasanya cukup ditaburi dengan bawang goreng.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *