Pantai Timang Yang Semakin Ramai Namun Juga Semakin Mahal

Scriptux.com – Salah satu destinasi tempat wisata yang ada di Gunung Kidul dengan pesona keindahan pantai dan juga birunya air laut berada di Pantai Timang. Banyak para traveler dari dalam negeri ataupun mancanegara yang sangatberminat untuk bisa berkunjung ke Pantai Timang.

Namun, para traveler jika ingin menguji adrenalin kalian dengan melewati jembatan gantung yang ada di Pantai Timang, kalian harus rela merogoh krocek yang lumayan mahal.

Pantai Timang berlokasi di Desa Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Pantai ini terkenal dengan gondolanya yang menawarkan sensasi memacu adrenalin buat para traveler. Tahun lalu, aktor sekaligus bintang reality show, Lee Kwang Soo, sempat menjajal naik gondola tersebut, dan aksinya tayang di Running Man episode 371.

Dengan memilih berwisata ditempat satu ini pasti tidak akan membuat para traveler menyesal. Hal ini diungkapkan oleh travel blogger dan selebgram, Febrian. Ia baru saja mengunjungi Pantai Timang, dan masalah pembayaran yang tidak satu pintu dirasa kurang praktis buat pengunjung.

“Kalau menurut aku pribadi, pengalaman aku di situ, jadi membingungkan untuk wisatawan yang datang ke sana,” kata Febrian, Kamis (17/5/2018).

Nah traveler yang mau ke Pantai Timang, sekitar 3 km sebelum pantai harus naik jeep dengan biaya sekitar Rp 350 ribuan atau ojek Rp 50 ribu karena jalannya cukup rusak. Setibanya di pantai saatnya traveler memilih mau melakukan aktivitas apa.

“Pas lagi mau ke bawah ada kayak pondokan kecil gitu kalau mau duduk bayar 20 ribu. Sudah sampai bawah kalau mau naik gondola, di sebelahnya kalau nggak salah kayu kecil gitu bayar lagi 5 ribu kalau mau foto di situ,” ujar Febrian.

“Terus kalau misalkan naik gondola 150 ribu untuk PP. Harga bule dibedain lagi kalau nggak salah. Mau naik jembatan ke sisi bebatuan di pulau kecil itu juga bayar 100 ribu PP,” imbuhnya.

Jembatan tersebut menjadi alternatif bagi traveler yang ingin menyeberang dari pantai ke Pulau Pulau Watu Panjang atau Pulau Timang, tanpa naik gondola. Selain itu ada lagi spot jembatan lain, di mana traveler kalau mau berfoto di sana biayanya Rp 30 ribu.

Supaya lebih efektif, menurut Febrian sebaiknya untuk pembayaran wisata pantai yang dikelola masyarakat ini dilakukan sekali dengan tarif yang sudah ditentukan, untuk bisa ke berbagai spot. Sedangkan khusus untuk gondola, menurutnya masih wajar jika dimintai tambahan biaya lagi.

“Menurut aku harus ada campur tangan pemerintah untuk sosialisaasi tempat itu, supaya masyarakatnya lebih sadar wisata lagi. Jadi wisatawan yang datang ke sana nggak bingung, kok ini bayar, mau foto bayar, mau naik jembatan bayar lagi,” tutur Febrian.

“Mendingan dikasih 1 tarif untuk biaya pengelolaan segala macem. Misalnya mau ke Pantai Timang bayar 100 ribu atau 50 ribu satu orang tapi sudah untuk semuanya,” imbuhnya.

Total biaya wisata di Pantai Timang juga dirasa masih tergolong mahal. Meskipun memang objek wisata ini sudah semakin baik dengan spot-spot baru yang dibangun, namun infrastrukturnya masih belum maksimal.

“Kalau misalkan ke area situ, dengan harga segitu, itu bisa dibilang mahal banget. Makanya sangat disayangkan sekali potensi pariwisata bagus, infrastrukturnya kurang baik,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *