Pariwisata Indonesia Aman Untuk Wisatawan Mancanegara dan Domestik

Scriptux.com – Sebuah tragedi terorisme kembali terjadi di Indonesia, kini aksi tersebut menimpa tiga gereja di Surabaya pada Minggu (13/5/2018). Senin (14/5/2018). Dan tidak cukup sampai disitu ledakan bom kembali terjadi di Mapolrestabes Surabaya.

Karena insiden ini Surabaya menetaplan siaga 1 kepada para masyarakat. Bahkan, Kementerian Pariwisata ( Kemenpar) juga terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan semua pihak untuk memastikan ekosistem pariwisata aman.

“Hingga saat ini Tim MKK (Manajemen Krisis Kepariwisataan) telah dan akan terus melakukan pemantauan serta berkoordinasi dengan semua pihak untuk memastikan ekosistem pariwisata dalam keadaan kondusif. Khususnya kesiapan aksesibilitas, amenitas dan atraksi di Jawa Timur dan Surabaya pada khususnya berjalan normal,” kata Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata Guntur Sakti.

Karena kasus ini beberapa negara seperti Inggris, Australia, Amerika, Tiongkok, Hongkong, Singapura, dan Irlandia telah mengeluarkan imbauan perjalanan atau
travel advice.

“Kemenpar sangat menghargai dan memandang hal tersebut (travel advice) sebagai sebuah kewajiban negara untuk melindungi warganya yang berada di negara lain, bukan sebagai larangan berkunjung (travel warning),” lanjut Guntur.

Tindakan tersebut dinilai wajar dilakukan, bahkan Indonesia juga pernah mengeluarkan travel advice untuk warga negara Indonesia di Perancis, saat terjadi terror Charlie Hebdo tahun 2015.

Terkait semua insiden teror tersebut, Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan Kementerian Pariwisata akan terus menyakinkan kondisi pariwisata Indonesia tetap aman untuk wisatawan mancanegara maupun domestik di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *