Lezatnya Kapurung, Makanan Khas Berbuka Puasa Dari Kota Palopo

Scriptux.com – Bulan puasa memang menjadi bulan yang sangat ditunggu karena biasanya menu makannya akan sangat spesial dari hari-hari biasanya. Pada bulan ini nasfu makan kita terhadap makanan juga cenderung lebih besar apalagi ketika berbuka.

Menu berbuka sendiri terkadang berbeda-beda disetiap daerah, sama halnya dengan salah satu menu wajib berbuka puasa di Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Nama makanan tersebut adalah Kapurung.

Kapurung ini tidak terlalu sulit dibuat, berbahan dasar tepung Sagu yang dimasak atau disiram dengan air panas hingga membentuk lem, lalu dibuat ukuran kecil berbentuk bola pingpong.

“Rasanya wah enak, sekali makan lengkap dengan udang, ikan sayur dan rasanya pedas pedas asam. Kalau Kapurung ini sekaligus penghilang dahaga,” tutur seorang penikmat kapurung, Ajis Prasetya saat ditemui di warung Pugalu

Kepurung ini benar-benar hidangan wajib bagi warga Kota Palopo, selayaknya berbuka belum lengkap rasanya tanpa menikmati Kapurung. Selain itu, kepurung juga merupakan makanan yang pas disantap beramai-ramai.

“Menikmati Kapurung enaknya kalau ramai ramai, dan bisa menikmati dengan menambah makanan lain seperti ikan bakar pedas, atau ikan Parede dan cah kangkung,” imbuhnya.

Seorang pedagang Kapurung di depan Kantor Wali Kota Palopo, Ertika Nugrah mengatakan, selama bulan Ramadhan pengunjung di warung yang dikelolanya cukup ramai.

“Otomatis di bulan Ramadhan, Kapurung menjadi makanan utama warga setelah takjil, peminatnya mulai anak anak hingga dewasa,” katanya. Pelanggan Kapurung, umumnya warga kota Palopo dan luar kota.

“Yang dari luar kota biasanya memesan atau dibungkus dalam berbagai porsi sesuai kebutuhannya,” Ertika menambahkan. Satu porsi Kapurung ukuran satu mangkok kecil dijual Rp 10.000. Harga tersebut udah lengkap dengan sayur, cabai tumbuk, dan kuahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *