Kuliner Khas Pasuruan, Lontong Kupang Yang Nikmat

Scriptux.com – Bagi anda yang telah merencanakan untuk menghabiskan waktu libur lebaran bersama keluarga atau sabahat ke Pasuruan, Jawa Timur dan sekitarnya jangan lupa untuk menyempatkan diri mencicipi kuliner lontong kupang.

Kuliner ini khas di Pasuruan, berbahan dasar kerang kecil yang kemudian disiram dengan kuah bumbu petis benar-benar sangat cocok untuk mengisi waktu berlibur bersama keluarga dan sahabat.

“Lontong kupang itu makanan khas Pasuruan. Seafood. Hewan laut, ada cangkangnya. Itu kerang berasal dari tangkapan di laut pesisir utara Jawa sini,” kata penjual Lontong “Kupang Bu Ning”, Nafisha Melly.

Melly berbagi sedikit cara untuk mengolah kupang atau kerang laut kecil tersebut. Membuat lontong kupang hal pertama yang dilakukan adalah pengupasan dan pembersihan kupang dari cangkangnya, lalu cuci bersih dan rebus.

Lontong kupang disajikan bersama potongan lontong dan bawang goreng. Bumbu awalnya yaitu cabe yang diuleg, gula jawa, dan petis kupang. “Petisnya bikin sendiri. Kami petisnya petis kupang,” ujar anak kedua dari Bu Ning.

Untuk menambahkan ragam rasa, perasan jeruk nipis juga dicampurkan. Kemudian kupang, lontong, serta bawang goreng dimasukkan. Rasa lontong kupang terasa berwarna. Ada rasa pedas manis dari campuran gula jawa, petis, dan sambal cabe uleg. Asam dari jeruk nipis juga mewarnai rasa di lidah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *