Lembutnya Waffle Khas Jepang Yaitu Taiyaki

Scriptux.com – Di jaman yang semakin maju ini banyak makanan dari luar negeri yang dibuat di Indonesia, salah satunya adalah beberapa makanan khas dari Negeri Sakura Jepang.

Beberapa makanan dari Jepang yang sudah mulai banyak dijual di Indonesia adalah Takoyaki dan Taiyaki. Meskipun tidak sama dari segi rasa akan tetapi bisa sedikit menghilangkan rasa penasaran kita.

Beberapa minggu yang lalu ada sebuah festival budaya Jepang di Indonesia, dalam festival tersebut salah satu makanan khas Jepang yaitu Taiyaki menjadi yang paking laris dan disukai pengunjung.

Taiyaki sendiri memiliki bentuk yang khas yaitu bentuk ikan dengan berbagai macam isian didalamnya seperti kacang merah sebagai rasa otentik dari Jepang, cokelat, dan vanila.

Rasa dari kue tersebut dikatakan lembut dan gurih saat digigit dipadu dengan rasa kacang merah yang tidak terlalu manis. Kue ini sangat cocok dimakan selagi panas.

Salah satu pemilik kedai yang menyajikan kue Taiyaki di festival tersebut menceritakan sedikit sejarah Taiyaki. “Di Jepang, Tai berarti ikan tai asal Jepang. Yaki artinya panggang. Dulu orang kurang mampu di Jepang itu susah sekali makan ikan jadi ada orang yang bikin kue berbentuk ikan. Karena ikan tai itu mewah dulu, jadi cuma ada waktu perayaan penting saja,” Kata Andro sang pemilik kedai.

Pengunjung pun bisa secara langsung menyaksikan pembuatan kue taiyaki ini. Bahan dasarnya yaitu tepung terigu, susu, baking powder, garam, dan gula. Semuanya dicampur rata, kemudian dimasukan dalam panggangan berbentuk ikan.

Setelah itu adonan diisi kacang merah, cokelat, dan vanila. Isian dimasukan di atas bahan dasar utama. Anda tinggal menunggu sampai adonan matang.

“Bahan dasarnya adalah campuran tepung terigu, susu, baking powder, garam, dan gula. Tapi saya modifikasi sedikit agar punya ciri khas sendiri dibandingkan yang lainnya. Isian yang paling disukai adalah red bean, orang Jepang sendiri juga sangat menyukai rasa ini,” tambah Andro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *