Nikmatnya Kaldo Kokot Khas Sumenep

Scriptux.com – Jika anda sedang melancong ke Madura jangan lewatkan salah satu makanan khas daerahnya yaitu Kaldu Kokot yang asli dari Sumenep. Salah satu kedai yang sudah terkenal dengan Kaldu Kokot adalah Warung Adnan Soto Kikil Kokot.

Warung Adnan Soto Kikil Kokot wajib anda kunjungi jika ingin menikmati Kaldu Kokot. Lokasi kedai makan dengan menu khas kaldu kokot ini ada sekitar 150 meter dari jalan utama. Hanya beberapa langkah, saya sudah menemukan rumah dengan bagian terbuka salah satunya dan deretan kursi dan meja.

Warung Adnan Soto Kikil Kokot yang tutup ketika menjelang magrib ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Namun, ada kalanya kedai tersebut buka hingga malam tiba.

Kokot sendiri dalam bahasa Madura berarti kikil. Jadi kaldu kokot merupakan olahan dengan berbahan utama kikil sapi. Sebenarnya ada dua jenis hidangan, kaldu kokot dan soto kokot.

Kaldu kokot tampil dengan ciri berupa rebusan kacang hijau, yang tak dimunculkan pada soto kokot. Pada soto kokot yang ditambahkan adalah singkong rebus. Di meja disediakan juga perkedel singkong yang renyah sebagai menu tambahan kaldu kokot.

Pada satu porsi sajian itu tak hanya ada kikil, tapi juga babat, usus, sumsum dan jeroan sapi lainnya. Bisa dibayangkan gurihnya kuah kaldunya.

Proses yang lama membuat dapur dari warung ini sudah ngebul sejak pukul 03.00. “Prosesnya kan lama, merebusnya itu berjam-jam biar empuk,” kata pengelola. Maklum tak hanya kikil dan jeroan, ada juga tulang berikut sumsumnya.

Warung yang didirikan pada 1962 ini, kini dikelola oleh cucu pendiri atau generasi ketiga. Bahkan putri Sri pun sekarang sudah turun tangan atau generasi keempat yang membantu usaha ini. Biasanya orang datang untuk sarapan dan makan siang. Rumah makan sederhana ini memang sudah buka dari pukul 05.00.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *