Liverpool Umumkan Sadio Mane Akan Gunakan Nomor Punggung 10 Musim Depan

Sadio Mane, penyerang Liverpool, akan memakai jersey bernomor punggung 10 pada musim depan. Sebelumnya nomor punggung 10 tersebut dipakai oleh Philippe Coutinho, yang hengkang ke Barcelona. Mane akan menjadi taruhan pelatih The Reds dalam mengambil keputusan.

Sebelumnya, Sadio Mane mengenakan nomor punggung 19 di Liverpool. Menurut sejarah, nomor punggung 10 pernah dipakai oleh pemain besar di Liverpool. Sebut saja Michael Owen, John Barnes, hingga Luis Garcia.

Pada ajang Piala Dunia 2018, Mane menjadi kapten Senegal dan mencetak satu gol saat bermain 2-2 melawan Jepang. Sayang, Senegal gagal lolos dari fase grup. Mane juga tampil impresif bersama Liverpool pada musim lalu dengan mencetak 20 gol dan sembilan assist di berbagai kompetisi.

Pada Jumat (20/7/2018), Liverpool umuman bahwa Sadio Mane akan memakai nomor punggung tersebut musim depan. Pengumuman itu disampaikan klub beberapa jam setelah memperkenalkan Alisson sebagai pemain baru.

Dengan menggunakan nomor punggung 10, Mane membuat sejarah baru di Liverpool. Melansir BolaSport.com dari Transfermarkt, Mane menjadi pemain pertama dari Benua Afrika yang memakai nomor punggung 10.

Sebelum era Premier League atau sebelum 1992, nomor punggung 10 hampir selalu dikenakan oleh pemain-pemain dari Britania Raya.

Sementara setelah era Premier League, pemilik nomor punggung 10 di Liverpool adalah John Barnes, Michael Owen, Luis Garcia, Andriy Voronin, dan Joe Cole.

Dari nama-nama di atas hanya Garcia dan Voronin yang berasal dari luar Inggris. Dengan pergantian nomor yang dilakukan oleh Mane, berarti tiga penyerang Liverpool memiliki nomor punggung yang urut. Ketiga pemain tersebut adalah Roberto Firmino (nomor 9), Sadio Mane (10), dan Mohamed Salah (11).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *