Tidak Kalah Dengan Kuliner Kekinian, Inilah Pisang Plenet Khas Semarang

Scriptux.com – Setiap tahunnya semakin banyak saja kuliner kekinian yang menjadi menu jajanan baru di berbagai daerah seperti Semarang. Namun, ditengah banyaknya kuliner kekinian ada salah satu kuliner khas Semarang yang sudah lama dan tetap eksis.

Kuliner yang diperkirakan sudah mulai menghiasi menu jajanan dari 66 tahun lalu itu bernama pisang bakar tradisional. Di Semarang olehan pisang bakar tradisional tersebut diberinama pisang plenet. Dalam istilah orang Jawa, plenet adalah menekan sesuatu hingga pipih.

Jika kalian sedang berlibur ke Semarang patut di coba jajanan jaman dulu yang masih eksis hingga sekarang ini. Tidak sulit untuk menemukan pedagang pisang plenet, terutama di Jalan Pemuda Semarang.

Salah satu pedangan pisang plenet bernama Triyono (54) menuturkan jika tidak ada bumbu atau racikan rahasia yang bisa membuat jajanan pisang plenet ini masih tetap eksis hingga sekarang.

Triyono sendiri mengatakan jika dirinya merupakan generasi ketiga dari ketelah kakeknya Javar membangun usaha ini sejak 1952. Kendati masih tetap diminati,
Triyono mengatakan jika itu bukan hal yang mudah.

Triyono mulai menata gerobak untuk dagangnya ketika hari menjelang sore. Ketika semua siap, banyak pengunjung dari berbagai umur dan kalangan datang untuk membeli dan menyantap pisang plenet.

Hingaa saat ini, Triyono terus berusah untuk tidak menyia-nyikan peninggalan dari kakeknya itu. Ia mengatakan akan berusaha untuk merawat betul resep yang kakeknya wariskan. Mulai dari jenis pisang, isian, proses membakar, bahkan hingga dekorasi grobak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *