Cocok Untuk Sarapan, Inilah Nikmatnya Nase Jamila Khas Madura

Scriptux.com – Jika anda kebetulan sedang berlibur atau berada di Madura cobalah salah satu makanan yang sudah ada sejak dulu bernama Nase Jamila. Dalam bahasa Madura Nase berarti Nasi.

Kuliner ini sangat cocok di santap untuk sarapan sebelum memulai aktifitas. Nase Jamila sendiri diambil dari seorang pedangan makanan tersebut yang bernama ibu Jamila.

Kendati ibu Jamila sudah tidak ada, akan tetapi namanya masih digunakan untuk menamai makanan khas Madura ini. Generasi selanjutnya dari ibu Jamila adalah Sutri yang merupakan sang menantu.

Sutri mengatakan jika dirinya mulai menggantikan ibu Jamila berjualan Nase Jamila ini sudah lama sekitar seperempat abad. Ia mengatakan biasa berdangang di
Jalan Agus Salim no 46, Pamekasan.

Sutri sendiri mulai membuka warungnya mulai pukul 05.00 hingga sekitar pukul 09.00. Karena buka pada jam-jam tersebut maka makanan ini memang sangat cocok untuk sarapan.

Menyantap Nase Jamila ini sangat cocok dengan tambahan makanan lain yang sudah disediakan dalam wadah-wadah. Surti mengatakan, untuk orang yang pertama kali makan Nase Jamila atau bukan orang Madura pasti binggung memilih teman untuk Nase Jamila ini.

Namun, Sutri memaklumi karena hidangan begitu berlimpah dan semuanya menggoda. Terutama yang bermandikan kuah kental dengan rasa pedas, seperti kalio daging.

Selain itu ada otak goreng, limpa goreng, pepes tongkol, semur ati sapi, telur rebus, perkedel, paru dan hati goreng, juga sambal terasi. Harga tergantung pilihan menu, dengan tiga jenis lauk, harganya berkisar Rp 25 ribu.

Bumbunya begitu kental, membuat sarapan lezat yang mengenyangkan untuk memulai hari. Kebanyakan pembeli membawanya pulang, tapi ada juga yang makan di tempat, karena di samping Sutri ditata kursi-kursi lengkap dengan meja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *